Kamis, 23 April 2009

Bolu Kukus Mambo


Ini bolu kukus kedua yang saya bikin bulan ini, setelah sebelumnya bikin brownies kukus. Resep aslinya bolunya berlapis-lapis sesuai warnanya. Tapi saya modif dikit jadi motif marmer gitu, ya...biar cepet aja. Apalgi saya bikinnya dibantu asisten kecil a.k.a Akbar. Dia seneng banget tuh waktu nyampur adonan kue pake pasta warna-warni. Trus kita nuangin adonan ke loyangnya juga gantian. Jadi saya tuangin warna putih sesendok, lalu akbar tuang warna merah muda sesendok, saya tuang warna hijau sesendok, begitu seterusnya sampai adonan habis. Hasilnya...bolunya cantik deh, warnanya ngegemesin. jadi, resepnya saya rubah dikit ya...

Sumber : milis NCC

Bahan:
6 btr telur utuh
2 btr kuning telur
250 gr gula
½ sdt vanilie
½ sdt garam
1 sdt emulsifier
175 ml santan kental, matang
200 gr terigu
Pasta strawberry dan pandan


Cara membuatnya :
  • Kocok telur, gula pasir, emulsifier dan vanilli hingga mengembang dan kental, masukkan tepung terigu sambil diayak secara bertahap, aduk rata.
  • Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
  • Bagi adonan menjadi 3 bagian, tiap bagian diberi pasta pandan, strawberry, sementara yang satunya dibiarkan putih.
  • Tuang 1 sendok sayur adonan putih kedalam loyang, lalu diatasnya tuang 1 sendok warna merah, lalu diatasnya lagi tuang 1 sendok warna hijau, begitu seterusnya sampai adonan habis , kukus selama 50 menit. Angkat. Dinginkan. Keluarkan dari loyang, potong-potong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar